Keluaran 26: 36-37
Keluaran 36: 37-38
Keluaran 36: 37-38
Pakaian menunjuk pada kelakuan hidup sehari-hari.
Pakaian imamat ini disebut "pakaian Kudus" (Keluaran
28:4; 29:1,41).
Pakaian kudus imam besar menunjuk pada kelakuan hidup
sehari-hari dalam kekudusan dan kesucian dari Tuhan Yesus Kristus selaku Imam
Besar yang harus menjadi teladan bagi sidang jemaat, khususnya imam-imam.
Ini juga menunjuk pada kelakuan hidup sehari-hari yang kudus
dari seorang pemuka/gembala dalam tahbisannya sebagai teladan bagi sidang
jemaat yang ditahbiskan.
Pakaian imam besar terdiri dari :
A. Efod (ayat 6-14)
Efod menunjuk pada kehidupan Tuhan Yesus Kristus dalam tanda salib atau tanda kematian.
Efod menunjuk pada kehidupan Tuhan Yesus Kristus dalam tanda salib atau tanda kematian.
Efod ini berwarna :
- ungu :
keagungan dan kewibawaan rajani
- biru langit
: kuasa kebangkitan
- kirmizi :
sengsara yang dialami Yesus sebagai manusia
- lenan halus
: keadilan/kebenaran Ilahi
- emas : Roh
Elkudus
Tanda-tanda ini ada pada Pribadi Tuhan Yesus Kristus.
B. Sabuk pengikat efod atau sandang efod (ayat 8)
memiliki warna yang sama dengan efod dan menyatukan 3 macam bagian pakaian yakni : efod, gamis dan kemeja beragi, artinya bahwa kehidupan Tuhan Yesus Kristus ditandai dengan KEMATIAN - KEBANGKITAN - KEMULIAAN.
C. Gamis baju efod atau baju selimut berwarna biru langit
(ayat 31-35)
Pakaian ini menunjuk pada kebangkitan Tuhan Yesus Kristus.
Buah delima menunjuk pada sidang jemaat.
Giring-giring emas menunjuk pada hadirnya Imam Besar.
Kehadiran Imam Besar ditengah-tengah sidang jemaat dibuktikan dengan penyembahan dalam bahasa lidah asing.
Ini merupakan suasana kebangkitan.
D. Patam atau jamang emas(ayat 36-38)
E. Serban atau kulah (ayat 36 - 38)
Patam atau jamang emas ini ada pada serban atau kulah.
Dalam Wahyu 7:3; 14:1; 22:4; 3:12 dikatakan
bahwa Nama Allah dimeteraikan atas dahi anak-anak Tuhan.
Nama Allah dengan FirmanNya maupun PribadiNya tidak
terpisahkan.
Demikian juga hati dan pikiran kita harus tertulis dengan
NamaNya = FirmanNya.
F. Kemeja beragi atau baju dalam berjala-jala dari lenan halus
(ayat 39)
Kalau efod adalah kehidupan Tuhan Yesus Kristus dalam tanda kematian, dan gamis menunjuk kehidupanNya yang dibangkitkan, maka kemeja beragi menunjuk pada kenaikanNya ke sorga dalam kemuliaan.
Sebutan yang tepat untuk pakaian ini adalah pakaian bagian
dalam dengan sulaman berbentuk mata banyak
Dalam Imamat 16:2-4 disebutkan bahwa imam
besar pada hari raya pendamaian masuk ke dalam ruangan maha suci bukan dengan
pakaian imam besar selengkapnya, melainkan hanya Dengan kemeja lenan halus yang
putih. Mengapa? Karena kemeja kain lenan halus ini menunjuk pada :
KEMULIAAN KRISTUS PADA SAAT IA NAIK KE SORGA.
Hidupnya dalam tanda kematian (salib) sudah lalu bagaikan baju efod yang sudah ditanggalkan olehNya.
KebangkitanNya selama 40 hari berada di bumi inipun sudah
lalu, jadi Gamis berwarna biru langit itupun sudah ditanggalkanNya.
Setelah itu Ia naik ke sorga sampai dibelakang tabir dan
sekarang Ia berada dalam kemuliaanNya.
Dari Sorga Ia mengamati-amati (melihat) melalui Roh Elkudus.
Permata yang bermata 7 dalam Zakharia 3:9menggambarkan Kristus yang
penuh dengan Roh Elkudus.
Permata = Kristus
7 mata = Roh Elkudus dalam 7 keadaanNya (Wahyu 5:6)
Seperti kemeja beragi merupakan pakaian yang paling dalam, demikian Allah mengamati kehidupan suci kita yang paling dalam, kehidupan yang rahasia dan tersembunyi.
Seperti kemeja beragi merupakan pakaian yang paling dalam, demikian Allah mengamati kehidupan suci kita yang paling dalam, kehidupan yang rahasia dan tersembunyi.
G. Tutup dada pernyataan keputusan atau perhiasan dada akan
hukum (ayat 15 - 30)
Ini merupakan bagian pakaian yang menyolok dan menarik perhatian karena kedudukannya yang khusus.
Tutup dada yang berbentuk empat persegi ini adalah gambaran
dari kota YERUSALEM BARU, kota segi empat yang selama 1000 tahun berada pada
Allah dekat dengan hatiNya dan sesudah itu turun dari sorga keatas bumi yang
baru (Wahyu 21:2; 9-10).
Inilah sidang mempelai wanita Tuhan yang sudah mencapai
tingkat kerohaniannya sama dengan Mempelai Pria Sorga, karena tutup dada ini
memiliki warna yang sama dengan baju efod (= kehidupan Yesus).
12 permata tatahan yang ada pada tutup dada ini menunjuk pada
12 Rasul Hujan Akhir yang memerintah gereja hujan akhir yakni gereja yang kelak
akan terangkat dalam kemuliaan.
Sedangkan 12 nama-nama putra Israel yang terukir pada 2 buah
permata kristopras pada baju efod menunjuk pada 12 Rasul hujan awal.
Urim dan Tumim yang ada pada tutup dada ini tidak dijelaskan
dalam Alkitab apa dan bagaimana keadaannya.
Ada banyak dugaan dan tafsiran mengenai Urim dan Tumim ini
biarlah kita tinggal pada pengertian dari kedua kata tersebut yakni :
Urim = terang (ungkapan)
Tumim = kesempurnaan atau pedang (penghukuman).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar